Mengapa Sektor UMKM adalah Tulang Punggung Ekonomi Indonesia yang Kuat?

Ilustrasi Gambar Bersumber dari google image dan di desain kembali oleh team blognateya

BLOGNATEYA.COM - Selamat datang kembali di website kami, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi penting yang wajib kalian ketahui. Dilansir dari channel youtube "Ngomongin Uang" pada video yang berdurasi 11 Menit tersebut menjelaskan tentang satu elemen dalam ekonomi kita yang memiliki peran luar biasa penting: sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tanpa mereka, mungkin ekonomi Indonesia sudah kolaps seperti banyak negara lain yang terkena dampak krisis ekonomi.

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih yang membuat sektor UMKM begitu penting? Sebelumnya, mari kita lihat dari data GDP nasional. Ternyata, sektor UMKM menyumbang hingga 62 persen dari pertumbuhan ekonomi nasional kita. Nilai ini jauh lebih tinggi daripada industri-industri manufaktur skala raksasa yang sering kita dengar.

Mungkin terlihat bahwa perusahaan besar yang berkantor di gedung tinggi adalah yang dominan, tapi faktanya, UMKM adalah yang berperan besar dalam memutar roda ekonomi dari Sabang sampai Merauke. Mereka bukan hanya sekadar pedagang kecil-kecilan, tapi juga toko grosir, warung makan, usaha rumahan, hingga usaha jasa seperti salon atau bengkel.

Lalu, mengapa UMKM begitu vital? Saat krisis ekonomi, seperti yang terjadi pada krisis moneter Asia tahun 97, UMKM menjadi benteng pertahanan yang kokoh. Mereka mampu beradaptasi dengan nilai tukar yang fluktuatif, bahkan mengurangi angka pengangguran dengan menyerap tenaga kerja.

Keberagaman sektor UMKM juga menjadi kekuatan. Mereka tidak hanya menyerap tenaga kerja berpendidikan tinggi, tapi juga yang berpendidikan rendah. Inilah yang membuat ekonomi kita kuat, lebih kuat dari negara yang hanya menggantungkan pada satu atau dua sektor industri.

Namun, perjalanan UMKM tidaklah mudah. Dari kesulitan mencari modal, beban bunga kredit tinggi, hingga konflik dalam praktek bisnis, para pelaku UMKM harus melewati berbagai rintangan. Bahkan, lebih dari 90% bisnis UMKM mengalami kegagalan dalam tahun pertamanya.

Tapi, ada harapan. Inovasi teknologi dan digitalisasi, seperti aplikasi Buku Warung, membantu UMKM dalam manajemen keuangan mereka. Dengan aplikasi ini, catatan keuangan menjadi lebih rapi, transaksi bisnis lebih mudah dilacak, dan bahkan pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan cepat.

Jadi, untuk para pelaku UMKM di luar sana, jangan merasa rendah diri. Usaha kecil Anda memiliki dampak besar bagi ekonomi negara ini. Anda adalah pahlawan ekonomi yang tak terlihat, yang menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan masyarakat di sekitar Anda.

Demikian Artikel ini kami share, semoga bermanfaat untuk kalian semua apabila ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom Komentar Yang sudah kami sediakan.

Sumber informasi : Berasal dari channel youtube Ngomongin Uang kemudian di kemas dalam satu artikel dan di kembangkan oleh chatgpt ai.

Posting Komentar untuk "Mengapa Sektor UMKM adalah Tulang Punggung Ekonomi Indonesia yang Kuat?"