Pelaku Usaha Pengrajin Atap Rumbia Di Gorontalo Perlu Perhatian Pemerintah Agar Tetap Eksis

Blognateya.com - Pelaku usaha tradisonal kerajinan atap rumbia di Indonesia khusunya di Provinsi Gorontalo terus bertahan dan tetap eksis, para pengrajin atap rumbia ini tetap menekuni pekerjaannya  untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan ada sebagi warga yang menjalani usaha ini sampai dengan sekarang.

Kerajinan tradisional ini sudah turun temurun mulai dari leluhur mereka, dan alhamdulilah penghasilan dari menganyam atap ini dapat membantu keluarga mereka. Walaupun di zaman sekarang sudah banyak bermunculan beraneka ragam produk atap rumah, tetapi anyaman atap rumbia masih dilirik oleh sebagian orang yang membutuhkannya, bahkan para pengusaha di bidang pariwisata banyak yang membeli atap ini sebagai perlengkapan property untuk wisata mereka,kalian sering melihat  kazebo atau vila yang masih menggunakan atap rumbia tersebut.

Kelebihan atap rumbia selain mempunyai nilai seni, atap rumbia digunakan karena menimbulkan suasana adem segar sehingga terciptalah suasan alam di dalam vila ataupun kazebo yang digunakan sebagi tempat nongkrong untuk berlibur saat berada di tempat wisata, Sehingga banyak para pengusaha masih memilih atap rumbia sebagai bahan untuk keperluan fasilitas tempat wisata mereka.

Melihat geliat usaha ini masih tetap eksis maka di pandang perlu untuk memperhatikan dan membantu para pengrajin atap rumbia ini, dengan cara memberikan bantuan dan fasilitas demi untuk kelancaran usaha mereka, para pengrajin harus tetap dilestarikan agar mereka tetap eksis dalam menjalani usaha tersebut, mengingat usaha ini adalah usaha warisan leluhur bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Bahkan perlu di lakukan pelatihan kepada para generasi muda untuk membekali mereka tentang cara mengayam atap rumbia.

Dengan demikian anak cucu kita masih bisa menikmati karya-karya kerajinan dari para leluhur mereka, agar mereka dapat mengetahui bahwa ekonomi kreatif di indonesia sudah ada di jaman dulu khusunya di gorontalo, dan tetap eksis sampai dengan saat ini.

1 komentar untuk "Pelaku Usaha Pengrajin Atap Rumbia Di Gorontalo Perlu Perhatian Pemerintah Agar Tetap Eksis"

  1. Seharusnya pemerintah harus hadir dan memfasilitasi usaha ini, sbb selain menjadi satu2nya penopang ekonomi para pengrajin juga melestarikan warisan leluhur kita.....semoga kedepan pemerintah bisa seriusi usaha membantu usaha ini...aamiin

    BalasHapus