Pemerintah Desa Waluhu Bagikan Masker Kepada Masyarakat Untuk Mengantisipasi Dampak Negatif Abu Vulkanik Akibat Erupsi Gunung Ruang

Dokumentasi Pemerintah Desa Waluhu Kecamatan Bone Saat Membagikan Masker Kepada Masyarakat guna untuk mengantisipasi dampak negatif abu vulkanik 

BLOGNATEYA.COM - Dalam menghadapi potensi dampak negatif dari sebaran abu vulkanik yang terjadi akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Pemerintah Desa Waluhu Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango telah mengambil langkah proaktif dengan membagikan sejumlah masker kepada masyarakat pada hari Rabu (01/05/2024). Tindakan ini diambil untuk melindungi kesehatan masyarakat dari resiko gangguan kesehatan yang mungkin timbul, seperti Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan gangguan kesehatan mata.

Kepala Desa Waluhu, Azis Ariyadi Tangahu, menjelaskan bahwa pembagian masker dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi resiko dampak negatif dari abu erupsi Gunung Ruang. Tim aparat desa turun ke lapangan untuk mendistribusikan masker kepada penduduk setempat, termasuk pengendara kendaraan roda dua dan roda empat. Titik distribusi masker ditempatkan di sepanjang jalan trans Sulawesi Desa Waluhu, dan hingga saat ini, sekitar 500 masker telah berhasil didistribusikan kepada masyarakat.

Poto Dokumentasi by Aparat Desa Waluhu
"Abu vulkanik yang telah menjangkau wilayah Gorontalo dan wilayah Kecamatan Bone khususnya dapat menyebabkan gangguan pernapasan bagi masyarakat," ujar Azis. Ia juga mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Namun, jika aktivitas di luar ruangan tidak dapat dihindari, ia menekankan pentingnya penggunaan masker sebagai langkah pencegahan.

"Bagi masyarakat, saya harap untuk selalu berhati-hati saat menggunakan kendaraan bermotor, karena abu vulkanik yang turun dapat menyebabkan iritasi pada mata," tambahnya.

Poto Dokumentasi by Aparat Desa waluhu 
Selain langkah-langkah pencegahan yang telah diambil, Azis juga menekankan pentingnya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Ia mengajak masyarakat untuk banyak mengonsumsi air putih guna menjaga kesehatan tubuh di tengah kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat Desa Waluhu dan sekitarnya dapat menghadapi potensi dampak negatif dari erupsi Gunung Ruang dengan lebih siap dan terlindungi.(Redaksi/RG)

Posting Komentar untuk "Pemerintah Desa Waluhu Bagikan Masker Kepada Masyarakat Untuk Mengantisipasi Dampak Negatif Abu Vulkanik Akibat Erupsi Gunung Ruang"