Mengapa Banyak Yang Tidak Setuju Dengan Aktivitas Indsutri Pertambangan Padahal Pertambangan Sangat Dibutuhkan?

Blognateya.com - Di Awal Bulan Agustus Tahun 2023 PT. Gorontalo Mineral Gorontalo mendapat protes dari masyarakat yang ada di sekitar pertambangan, bahkan para aktivis masyarakat dan mahasiswa sempat menyuarakan untuk menonaktifkan sementara aktivitas PT. GM tersebut, pasalnya ada beberapa hal yang menjadi tuntutan masyarakat yang mengakibatkan kerugian terhadap masyarakat sekitar. 

Mengapa ini bisa terjadi.? Berikut kami berikan sedikit gambaran dan analisis terkait aktivitas pertambangan, yang kami ambil dari berbagai macam sumber yang terpercaya, semoga bisa menjadi referensi kita semua dalam hal aktivitas pertambangan.

Hadirnya industri pertambangan Selain memberikan keuntungan dalam hal ekonomi bagi perusahaan dan para pekerja, perusahaan tambang juga diharapkan memiliki nilai tambah atau added value terhadap masyarakat dan negara. Menurut teori staple kriteria, kehadiran perusahaan tambang diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1) Hubungan ke belakang: Pemasok atau pasokan untuk kebutuhan perusahaan pertambangan dapat mendorong kegiatan ekonomi di wilayah tersebut.

2) Ketika industri tambang menghasilkan output atau produk, hal tersebut dapat mendorong aktivitas ekonomi di wilayah tersebut melalui hubungan ke depan. Potensi peningkatan pendapatan pemerintah daerah/nasional dapat terjadi melalui peningkatan penerimaan dari pajak dan sewa property serta lahan yang berasal dari perusahaan tambang.

4) Keterkaitan permintaan: adanya karyawan yang bekerja di perusahaan pertambangan dapat memicu pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.
Namun, selain manfaatnya yang penting untuk ditingkatkan, terdapat juga kemungkinan konsekuensi negatifnya.

Sama seperti kebutuhan kita untuk makan setiap hari, tidak semua makanan yang kita konsumsi dapat diolah dan digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, memperbaiki sel-sel yang rusak, atau membantu pertumbuhan. Sebaliknya, ada juga sisa-sisa makanan yang perlu dikeluarkan oleh tubuh agar tidak membahayakan kesehatan. Begitu pula dengan kegiatan pertambangan, ada potensi dampak negatifnya.

  • Lubang bekas galian, baik metode yg di permukaan maupun di dalam tanah
  • Pasir sisa tambang (sirsat)
  • tercemarnya lingkungan di sekitar lokasi pertambangan yang berdampak terhadap biota alam.
  • Berpotensi terjadinya konflik antara warga sekitar dengan pihak perusahaan
  • Terjadinya banjir bandang akibat longsor bekas galian pertambangan
  • Dll

Oleh karena itu, dalam suatu kegiatan pertambangan sebelum dimulai harus melalui tahapan-tahapan yang panjang seperti studi kelayakan (pre and feasibilty study), analisa mengenai dampak lingkungan (amdal), dll, sehingga pertimbangannya tidak semata potensi ekonomi, namun juga pengaruhnya terhadap lingkungan dan masyarakat, serta bagaimana cara mengendalikan, mengelola dampak negatifnya, kalau bisa yang berpotensi menimbulkan efek negatif dirubah menjadi positif dan bermanfaat.

Kesimpulannya, industri pertambangan peranannya sangatlah penting, akan tetapi di sisi lain memiliki dampak negatif, sehingga dibutuhkan pengetahuan, prosedur dan penanganan yang tepat untuk dapat meminimalisir dampak negatif yang mungkin ditimbulkan tersebut bagi lingkungan dan juga masyarakat sekitar.


Demikian Artikel ini kami share, semoga bermanfaat untuk kita semua terutama mengenai pemahaman tentang manfaat dan kerugian yang di akibatkan oleh aktivitas pertambangan tersebut.


Sumber informasi di ambil dari berbagi media online dan fakta yang terjadi di lingkungan pertambangan 

Posting Komentar untuk "Mengapa Banyak Yang Tidak Setuju Dengan Aktivitas Indsutri Pertambangan Padahal Pertambangan Sangat Dibutuhkan?"